Wisata Gunung Bromo Jawa Timur

  Gunung bromo  merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Salah satu gunung berapi yang masih  aktif dan sebagai salah satu obyek wisata yang paling terkenal di Jawa Timur, khususnya bagi wisatawan mancanegara. 

Pesona wisata Bromo yang paling menarik pengunjung adalah menikmati indahnya sunrise di Bromo atau Matahari terbit. Tak haya itu bromo juga Terkenal dengan kaldera atau lautan pasir dan kawah yang sangat eksotis, serta pemandangan matahari terbit (Bromo Sunrise Tour) yang sangat indah.

Kawasan Wisata Bromo terletak pada ketinggian 2.780 meter di atas permukaan laut, dan di himpit oleh empat kabupaten bagian dari pemerintahan propinsi Jawa Timur yakni Kabupaten Malang, Probolinggo, Pasuruan, dan Lumajang. Hal ini memudahkan wisatawan untuk datang dari arah manapun.

Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dan juga  telah menjadi  tempat wisata yang paling terkenal di provinsi Jawa Timur.

 

Sunrise gunung Bromo

 

  Gunung ini terkenal dengan pemandangan terbitnya matahari yang sangat indah. Untuk bisa menyaksikan fenomena ini, para wisatawan harus naik ke Puncak Penanjakan yang merupakan lokasi terbaik untuk dapat melihat terbitnya matahari yang sangat indah dengan sangat jelas.

Pemandangan yang indah membuat banyak wisatawan ingin mengabadikan momen berharga ini. Pada waktu matahari terbit terlihat dari puncak penanjakan yang sangat luar biasa, para pengunjung bisa melihat latar depan dari Gunung Semeru yang akan mengeluarkan asap dan akan terlihat dari kejauhan dan matahari akan bersinar terang dan akan terus naik ke  langit.

Gunung Bromo juga termasuk dalam satu kawasan Taman Nasional Bromo Tenger Semeru (TNBTS), dimana terdapat beberapa obyek wisata yang bisa dikunjungi ,yakni Sunrise Penanjakan, Bukit Cinta, Kawah Gunung Bromo, Pura Luhur Poten, Bukit Teletubbies atau Padang Savana, dan juga Pasir Berbisik (kaldera).

 

Lokasi wisata di Gunung Bromo 

Selain dapat menyaksikan keindahan sunrise atau matahari terbit dari puncak Bromo, ternyata ada beberapa obyek wisata bromo lain yang tak kalah menariknya dari keindahan matahari terbit yang bisa disaksikan dari puncak gunung bromo ini, yaitu mulai dari pananjakan 1, pananjakan 2, kawah gunung bromo, pasar berbisik, pura luhur poten , bukit kingkong, bukit cinta, dan bukit teletubis bromo yang merupakan destinasi wisata di gunung bromo.  

Dan juga Yadna Kasada atau Upacara adat Kasodo lah yang membuat Gunung Bromo menjadi tujuan destinasi utama setiap tahunnya. berikut mari kita ulas tentang upacara adat kasodo di gunung bromo ini…

UPACARA ADAT DI GUNUNG  BROMO

 

Suku Tengger, sebagai suku asli yang mendiami Gunung Bromo yang mempunya berbagai macam ritual adat. Salah satu upacara adat yang terkenal adalah Upacara Yadya Kasada , yang merupakan kegiatan untuk persembahan kepada Tuhan yang di tuangkan dalam suatu upacara adat di Gunung Bromo.

Lokasi tepatnya upacara ini terletak di Pura Luhur Poten, Upacara Yadya Kasada adalah sebuah hari upacara sesembahan berupa persembahan sesajen kepada Sang Hyang Widhi. Setiap bulan Kasada hari ke-14 dalam Penanggalan Jawa diadakan upacara sesembahan atau sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur.

 

sewa jeep bromo malang

Antrian jeep Bromo

Upacara Kasada Bromo

Dalam upacara ini dikorbankan sebagian hasil sawah, ladang dan juga ternak masyarakat sekitar dengan melemparkannya ke dalam kawah Gunung Bromo sebagai tanda syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Selain Upacara Kasodo juga di kenal Upacara Karo Dan Ayak-ayak.

Sebagai pemeluk agama Hindu, Suku Tengger tidak seperti pemeluk agama Hindu pada umumnya yang memiliki candi-candi sebagai tempat peribadatan, namun suku tengger melakukan peribadatan bertempat di punden, danyang dan poten, Poten merupakan sebidang lahan di lautan pasir sebagai tempat berlangsungnya upacara Kasada. Sebagai tempat pemujaan bagi masyarakat Tengger yang beragama Hindu.

Dan hal ini lah yang dapat menarik perhatian pengunjung baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri untuk dapat melihat upacara adat kasodo ini secara langsung di gunung bromo. Upacara adat  Ini merupakan salah satu upacara tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Tengger yang saat ini menjadi agenda pariwisata yang cukup potensial untuk  mendatangkan wisatawan baik dari dalam negeri mapun dari luar negeri.

Paket Wisata gunung Bromo berangkat dari Malang

 

Bahkan kalau kita perhatikan, banyak sekali turis asing yang ikut berkunjung ke Bromo untuk menyaksikan upacara adat  yadya kasada ini.  Bagi kalian  yang ingin berlibur ke taman nasional gunung bromo semeru (TNBTS), kami www.batumalangrafting.com menyediakan paket wisata tour bromo dengan minimal 4 orang dengan tarif Rp. 350.000 / orang anda sudah bisa menikmati keindahan gunung bromo dan dengan tarif tersebut anda juga sudah  mendapatkan  fasilitas :

  • Transportasi PP
  • Driver Profesional
  • BBM
  • Tiket masuk Bromo
  • Jeep / Hardtop
  • Mineral water

 *yang bukan termasuk dalam fasilitas yang  kami sediakan yaitu : kebutuhan pribadi, makan, dan juga sewa kuda di bromo.

 

Tempat –tempat yang akan di kunjungi saat tour di gunung bromo antara lain yaitu :

  • Penanjakan
  • Bukit Cinta  
  • Pasir Berbisik
  • Bukit Teletubbies
  • Padang Savana Bromo
  • Kawah Bromo
  • Pura Luhur Poten 

·        

Bukan hanya menyediakan tour bromo saja ,tetapi kami www.batumalangrafting.com  juga menyediakan  paket sewa jeep bromo dengan harga terjangkau yaitu dengan tarif  800rb saja.

 

Info dan reservasi hubungi via telepon / whatsapp di 081234469879

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
WhatsApp chat