Apa itu Outbound?

 

Outbound adalah suatu kegiatan belajar di luar ruangan sebagai sarana penambah wawasan ,sehingga dapat memacu pembentukan pengetahuan, karakter positif, semangat belajar,kreativitas, motivasi, kinerja, dan tanggung jawab peserta didik.

Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat efektif dalam pembelajaran. Karena Outbound dapat meningkatkan antusiasme siswa dalam pembelajaran. Outbound biasanya dilakukan di luar ruangan (outdour training ) dan bertujuan untuk  membekali akan pentingnya : Team Work, Leadership, Communication, Focus .

Pengalaman dalam kegiatan outbound dapat mengembangkan berbagai hal positif dalam perkembangan kedewasaan seseorang .Outbound juga  dapat di rancang dengan berbagai variasi kegiatan sesuai dengan kebutuhan atau tujuan  yang akan di capai. Bagi setiap instansi yang melakukan kegiatan outbound pastinya memiliki tujuan masing-masing.

Pada umumnya tujuan outbound sebagai terapi bagi peserta yang tidak punya kemampuan banyak bicara, minder, dan kurang percaya diri. Outbound sendiri selalu mengedepankan permainan-permainan yang mampu menumbuhkan motivasi pada diri pesertanya.

Biasanya pola permainan yang diadakan melibatkan kerja sama antar team ataupun masing-masing individu itu sendiri guna melatih pikiran dan aktivitas fisik yang memiliki nilai positif. Untuk mndapatkan hasil yang maksimal sesuai tujuan outbound, ada beberapa hal yang wajib dilakukan sebelum melakukan kegiatan outbound..?

 

batu malang rafting

 

Macam – macam permainan outbound di Malang

 

1. Ice Breaking

Saat pertamakali acara dimulai, bisa dipastikan hampir seluruh peserta dalam keadaan tegang. Oleh karena itu perlu sebuah tahapan untuk memecahkan suasana yang kaku,agar lebih akrab antara peserta dengan team outbound.

2. Komunikasi

Pada materi ini peserta dikondisikan dalam sesi permainan yang menarik dan tidak membosankan. Sehingga komunikasi antar anggota team bisa terbentuk dan tercipta rasa saling percaya terhadap rekannya.

3. Team Buliding

Materi outbound ini mengkondisikan peserta dalam permainan team. Sehingga akan tercipta saling mendukung dan kerjasama. Pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak adalah tujuan dari materi ini.

4. Penyelesaian Masalah

Peserta training outbound mampu mengenali masalah yang ada serta cara penyelesaiannya, peserta disuguhi materi tentang memilih informasi yang relevan dan membuat analisis serta keputusan untuk menemukan sebab timbulnya persoalan secara lebih terarah.

5. Game Kompetisi

Pada materi ini peserta diharap mengatur strategi dan mengoptimalkan segala kemampuan baik individu maupun kemampuan kelompok.

Dalam kegiatan outbound ,peserta bukan hanya bermain saja, akan tetapi game-game yang dilakukan pada saat outbound memiliki manfaat tersendiri bagi peserta outbound tersebut.

Berikut mari kita ulas berbagai manfaat dari kegiatan outbound tersebut :

  1. Melatih kemampuan seseorang terutama menumbuhkan jiwa leadership yang mungkin selama ini tidak nampak,serta melatih kerjasama .
  2. Mengasah kemampuan seseorang di dalam mengambil keputusan terhadap suatu kondisi di mana kondisi tersebut bisa saja tidak pernah di alami sebelumnya.
  3. Meningkatkan kemampuan dan kematangan kedewasaan seseorang di dalam mengambil keputusan.
  4. Menumbuhkan arti penting kehidupan kebersamaan.
  5. Fun. Metode kegiatan aktualisasi diri yang biasanya dikemas dalam kegiatan permainan akan memberikan rasa suka cita yang optimal bagi individu peserta outbound training.

Manfaat outbound training di atas yang dikemas dalam bentuk permainan secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja seseorang dalam sebuah perusahaan untuk menjadi lebih optimal. Biasanya setelah selesai acara training, perlahan-lahan atau secara cepat, pola pikir seseorang akan terbentuk dengan sendirinya dalam hal-hal yang positif.

Dalam kegiatan outbound ada banyak permainan-permainan yang dapat melatih kekompakan team,kreativitas, kelincahan, dan focus, dan  dilakukan di alam terbuka atau biasa disebut dengan outdour training. Dalam kegiatan outbound ada banyak permainan-permainan yang dapat untuk menguji kekompakan, kelincahan . berikut ulasanya tentang macam – macam permainan yang dilakukan saat outbound training :

 

 

Permainan outbound di Malang

 

promo paket outbound dan rafting 082233192177

 

1. PIPA BOCOR

 

Games Pipa Bocor adalah salah satu dari games team building. Kenapa game ini menarik??? Karena dalam game ini peserta diinstruksikan untuk mengeluarkan bola pimpong yang berada di dalam pipa. Untuk mengeluarkan bola pimpong tersebut maka setiap individu harus menutup lubang – lubang yg ada pada pipa tersebut akan tetapi tetap di lakukan dengan kelompok.

Permainan tersebut harus dilakukan secara berkelompok, disinilah inti dari permainan ini untuk meningkatkan kerjasama atau team work. Peraturan dari permaianan ini adalah “setiap kelompok harus mengisi sampai penuh air ke dalam pipa yang telah disediakan”.

 Bagiamana caranya untuk bisa penuh kalau pipanya berlubang?? Nah disinilah bentuk kerjasamanya, setiap peserta diminta untuk bermain strategi, berbagai strategi dilakukan oleh beberapa kelompok. Serunya, cara mereka menutupi lubang pipa tersebut ada yang memakai jari tangan, ada yang mendekap ada yang menutup memakai bantuan slayer. Kelompok pemenang adalah kelompok yang lebih dulu bisa mengeluarkan bola pimpongnya. 

 
2. PUZZLE PIECE

 

permainan outbound di malang Game Puzzle piece merupakan game yang menguji kekompakan team dalam memecahkan masalah, dalam game tersebut peserta di intruksikan untuk memasang puzzle menjadi sebuah persegi.

Dalam game ini peserta di wajibkan untuk mengeluarkan ide-ide mereka agar puzzle terzebut  dapat kembali ke bentuk semula menjadi persegi. Jadi disinilah bentuk kerjasama dari team tersebut. setiap individu harus bisa menerima pendapat orang lain dalam memecahkan masalah tersebut.

Lihat detail paket outbound Batu Malang disini >>>

 

 

3. LABIRIN

Game labirin adalah game yang meguji kekompakan suatu tim. Peserta outbound di instruksikan untuk memasukan bola yang sudah diletakan diatas papan kayu, ke dalam lubang yg sudah di sediakan. Dalam game ini peserta diwajibkan untuk saling kerja sama atau team work.

Karena dalam game ini dikerjakan dalam berkelompok jadi kekompakan suatu team sangat dibutuhkan dan sangat penting dlm game ini. Pesan moral yg di dapat dari game ini adalah dalam mencapai tujuan bersama dibutuhkan kerja sama tim yang cukup.,dan kekompakan team yang sangat dibutuhkan dalam game ini.

Bagi kalian yang mau menikmati serunya bermain outbound, Batumalangrafting.com menyediakan paket outbound yang bertemakan alam (outdour training). Dengan game-game yang menarik, seru dan wajib banget untuk di coba.  Salah satu alasan mengapa outbound di pujon rafting menjadi sangat  menyenangkan adalah karena tersedianya wahana yang menantang.

 
Permainan Outbound di Malang Jawa Timur 

Bukan hanya sekedar menyenangkan tapi juga membuat skill  anda atau kemampuan anda menjadi semakin terasah. Batu Malang rafting merupakan tempat yang terbaik untuk dijadikan sebagai wisata yang selalu dikunjungi saat akhir pekan hingga liburan panjang, karena lokasinya yang sangat sejuk dan di kelilingi dengan hutan pinus yang rindang. Tak  hanya itu kami juga menyedikan spot-spot foto yang sangat bagus, dan bagi anda yang berkunjung ke “pujonrafting”  anda akan mendapat fasilitas kolam renang, 1 kolam renang dewasa, dan 1 kolam renang anak”.

Untuk paket outbound di “Batumalangrafting.com” dengan harga mulai dari Rp. 120.000 saja perorang, minimal 30 orang  anda sudah bisa untuk bermain outbound di pujon rafting dengan durasi game 3-4 jam . dan sudah mendapatkan fasilitas seperti :

  • Ice breaking
  • Energizer
  • Team building
  • Game post
  • Komunikasi
  • All crew
  • Welcome drink

Lihat detail paket outbound Batu Malang disini >>>

 

Paket outdoor Batumalangrafting.com :

 

permainan outbound di malang 

Kami juga menyediakan paket permainan paintball, Paket game paintball / bermain paintball yang kami tawarkan adalah paket simulasi pertempuran minimal untuk 10 orang dengan fasilitas lengkap. Paket main paintball merupakan permainan yang menguji kekompakan dan kerjasama team. Untuk paket paintball anda hanya perlu membayar tarif Rp.150.000(orang). dan sudah mendapatkan fasilitas :

  • Costum game
  • Peralatan game lengkap
  • Instruktur
  • 50 amunisi
  • Dengan durasi game bebas

 

rafting di batu malang

Dan bagi kalian yang menyukai permainan yang lebih menantang, kami juga menyediakan paket rafting grade 3 , lokasi pengarungan di sungai konto yang merupakan sungai dengan debit air terbaik di jawa timur yang wajib banget untuk kalian coba. Untuk  paket rafting anda hanya perlu membayar dengan tarif Rp.175.000 (orang) minimal 8 orang, dan sudah mendapatkan fasilitas :

  • Safety tools ( helm, pelampung )
  • Perahu karet
  • Team rescue
  • 1x makan siang ( minimal 8 orang )
  • Welcome drink
  • Lama pengarungan rafting selama 2 jam
  • Dan juga di temani dengan guide/pemandu air yang ramah

Lihat detail paket rafting Batu Malang disini >>

 

camping di batu malang

Tak hanya itu kami juga menyediakan paket camping keluarga, dengan pemandangan hutan pinus yang asri, dan view pegunungan yang sangat bagus. Hanya dengan Rp.125.000 saja perorang, anda sudah bisa menikmati paket camping keluarga di Batu Malang dan juga sudah mendapatkan fasilitas :

  • Tenda
  • Matras
  • Sleeping bag
  • Listrik / penerangan malam
  • Welcome drink
  • Sarapan 1x
  • Makan malam 1x
  • Api unggun
  • Team penjaga

Lihat detail paket camping disini >>

Jadi bagi kalian yang ingin menikmati liburan bersama keluarga atau rekan kerja anda , bertemakan alam dan hutan pinus yang asri dan dengan view pegunungan yang sangat  indah. untuk reservasi anda bisa menghubungi kami via telepon atau whatsapp di 082233192177 / 085755196678 

Batu Malang Rafting
WhatsApp chat